Senin, 31 Januari 2011

Cara membuat blog di blogger.com


Bagi sebagian kalangan, kata blog bukanlah kata yang asing di telinga kita. Walaupun begitu, harus kita akui bahwa masih ada beberapa teman kita yang belum tahu apa itu blog. Blog ini bisa dikatakan sebagai situs pribadi kita. Namun meskipun dikatakan sebagai situs pribadi, blog ini berbeda dengan website. Pada blog kita tidak harus memahami kode-kode ekstensi yang rumit seperti .html, .php, dan sebagainya karena untuk blog, semuanya sudah otomatis. Sehingga diriku yang awam bahasa pemprograman seperti itupun bisa melakukan posting dengan mudah, sama mudahnya seperti saat kita mengupdate status pada situs jejaring sosial. Dan karena kemudahan inilah, maka semua orang yang ‘melek’ internet dapat membuat blog, sama halnya dengan memiliki email. Tak heran apabila pemilik blog bervariasi: mulai dari pelajar, mahasiswa, karyawan, ibu rumah tangga, artis, dan bahkan ada juga menteri  ataupun pejabat tinggi lainnya yang memiliki blog.
 Untuk memiliki blog, maka terlebih dahulu kita harus membuat account. Banyak domain yang menyediakan layanan penyedia blog gratis,diantaranya blogger, multiply, wordpress, dan lainnya. Karena aq menggunakan blogger, maka yang akan aq jelaskan nanti hanyalah cara untuk membuat blog di blogger.com. Berikut langkah-langkah membuat blog di blogger.com :
1.      Buka browser anda
2.      Buka http://blogger.com
3.      Klik tanda panah ciptakan blog anda
4.      Tahapan pertama adalah ciptakan sebuah akun google. Jika belum memiliki akun google, silakan isi form yang ada.
5.      Jika sudah memiliki akun google, anda login terlebih dahulu ke google.com. Caranya sama seperti saat ingin membuka email dari Gmail, hanya saja halamannya akan otomatis dibukakan oleh Blogger.com.
6.      Klik panah lanjutkan
7.      Berilah judul blog yang ingin anda buat di kotak Judul Blog.
8.      Isikan alamat URL yang akan dibuat di kotak alamat blog (URL). Pastikan alamat URL anda belum dimiliki orang lain; cara mengetahuinya dengan mengklik tulisan cek ketersediaan. Jika alamat tersebut masih aman, muncul tulisan alamat blog ini tersedia.
9.      Klik lanjutkan untuk melanjutkan ketahap berikutnya.
10.  Tahap berikutnya adalah pemilihan template yang berguna untuk mempercantik blog anda. Klik template yang anda inginkan, lalu klik panah lanjutkan.
11.  Otomatis blog anda akan terbuat di blogger.com
12.  Cobalah buka halaman URL blog yang baru saja anda buat, dan silakan membuat posting pedana anda.
Sekarang anda sudah memiliki blog sendiri dan sudah bisa dilihat dari penjuru dunia manapun. Selanjutnya silakan anda kreasikan blog anda sesuai dengan apa yang anda inginkan. SELAMAT MENCOBA!!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar