Sabtu, 26 Maret 2011

Tips untuk menghilangkan rasa malas


Rasa malas bisa menghinggapi siapa saja, entah itu orang yang biasa saja, ataupun seorang jenius sekalipun. Tapi, bukan berarti rasa malas ini tidak bisa dihilangkan sama sekali, jika mau berusaha, rasa malas ini pasti bisa dihilangkan. Satu hal yang harus anda ingat dan renungkan “kasihan otak yang cerdas jika memiliki tubuh yang malas”. Yupz, kecerdasan otak kita tak akan berguna jika kita memiliki sifat malas, dan yang parahnya lagi rasa mala situ sudah akut pula, ampun dech kalau begitu. Berikut ini adalah tips sederhana cara mengusir perasaan malas yang kerap kali hadir dalam kehidupan kita sehari-hari :

1. Membasuh muka atau mandi ketika kantuk menyerang.

2. Mengubah posisi duduk ketika membaca.
Misalnya dari duduk berubah menjadi berdiri, namun disarankan jangan dari duduk terus berbaring bisa berbahaya atau bisa kebablasan tidur.
 
3. Berpindah dari ruang baca ke kamar yang lain.
Untuk anak kost yang hanya memiliki satu ruangan, hal ini bisa disiasati dengan berpindah dari kamar kita ke beranda kost, ruang tamu atau bahkan bisa juga ke dapur, tapi jangan ke kamar pacar karena hanya membuat kita lupa dengan tujuan awal kita.

4. Menghirup udara yang segar
Bisa dengan cara berdiri di dekat jendela atau membuka jendela-jendela kamar lain untuk menambah kesegaran. Sebagai anak kost bisa disiasati dengan menciptakan aroma terapi, misalnya dengan menyemprot ruangan dengan wangi-wangian dan jika ada kipas angin, bisa menyetel kipas untuk menyebarkan wangi-wangian tersebut ke segala ruang. Karena mungkin tidak semua anak kost mempunyai jendela kamar.

5. Berjalan-jalan sebentar
Bisa juga diganti dengan kegiatan yang lainnya seperti  merapikan rak yang berantakan, atau kegiatan yang lain yang bisa sedikit menggerakkan otot-otot kita yang kaku. Tapi ingat, jangan kebablasan, nanti malah membuat kita jadi kecapean.

6. Berbincang-bincang sebentar dengan keluarga atau teman sekost.
Istirahat sejenak untuk sekedar ngobrol atau menjahili teman satu kost effektif untuk menghilangkan penat. Tapi hati-hati saat mengobrol, jangan sampai lupa tujuan utama dalam berbincang-bincang yaitu untuk menumbuhkan semangat, bukan untuk ngobrol tentang hal-hal yang dapat menghabiskan waktu kita, padahal pekerjaan/ tugas yang kita kerjakan belum selesai.

7.
Membuat secangkir minuman
Berdiri sejenak untuk membuat secangkir minuman seperti kopi, teh, susu atau juice sangat efektif untuk menghilangkan rasa bosan dan jenuh serta dapat menjernihkan akal.

8. Mengubah kegiatan monoton.
Seringkali kegiatan yang kita lakukan selalu monoton dan itu-itu saja, tanpa ada variasi sama sekali, sehingga menimbulkan rasa jenuh dan bosan.
Jadi, untuk mengatasinya, lakukanlah kegiatan yang beragam, jangan monoton itu-itu saja. Ingat, bosan itu awal dari kemalasan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar